Friday, November 8, 2013

Petualangan Pertama: Monas!

Pada hari Minggu tanggal 6 Oktober 2013, saya dan teman saya yang bernama Sania pergi ke Monas untuk mengerjakan tugas mata kuliah MPK Seni Fotografi kami. Tugasnya adalah kami harus mengumpulkan  sebuah foto yang menunjukkan kekhasan jurusan kami.

Karena saya berasal dari jurusan sosiologi, maka foto yang saya kumpulkan harus berhubungan dengan masyarakat. Sedangkan, karena Sania berasal dari jurusan ilmu perpustakaan, maka ia harus mengumpulkan foto yang berhubungan dengan perpustakaan atau kegiatan membaca. Walaupun di Monas tidak ada objek yag berhubungan dengan perpustakaan, namun Sania tetap mau ikut pergi memotret, karena ada banyak momen lainnya yang dapat diabadikan yang siapa tahu berhubungan tema tugas miliknya.

Saya dan Sania pergi ke Monas dengan menggunakan kereta api. Ini merupakan pengalaman pertama saya pergi dengan menggunakan kereta api tanpa orangtua saya. Saya merasa sangat bersemangat, bahkan saya merasa seperti telah berpetualang ke tempat yang jauh sekali. Padahal, sebenarnya terbilang cukup dekat jarak antara Depok dan Jakarta Pusat.

Kami tiba di sana sekitar pukul 08.00 WIB. Setelah sampai, kami baru menyadari bahwa hari itu ternyata sedang berlangsung acara perayaan ulang tahun TNI di sana. Seketika kami disambut oleh serombongan pemain marching band. Kami merasa sangat senang setelah menyadari hal tersebut, karena dengan demikian ada banyak momen yang bisa kami abadikan. Apalagi, momen seperti ini terbilang langka.

Lalu, kami pun sibuk memotret dengan kamera masing-masing. Bahkan, tanpa sadar kami telah terpisah. Kemudian, saya mencoba mencari Sania dan meneleponnya beberapa kali, akhirnya kami pun bertemu kembali. Saya sangat takut membayangkan apabila kami benar-benar terpisah dan pada akhirnya tidak dapat pulang ke Depok bersama-sama lagi. 

Sekitar pukul 10.00 WIB, kami merasa kelelahan karena telah berdiri selama beberapa jam di tengah cuaca yang panas. Akhirnya, kami memutuskan untuk istirahat sejenak. Di sela-sela waktu istirahat, kami melihat ada tukang foto yang dapat mencetak foto langsung di tempat. Kami pun memutuskan untuk berfoto berdua sebagai kenang-kenangan. Walaupun harga selembar fotonya cukup mahal, yaitu Rp 15.000,00. 

Setelah itu, kami melanjutkan kembali kegiatan memotret kami. Benar-benar banyak momen yang dapat kami abadikan hari itu. Selain ada acara perayaan ulang tahun TNI, ada pula acara musik Inbox yang secara langsung ditampilkan di salah satu stasiun televisi. Oleh karena itu, Monas di hari tersebut sangat ramai dan itulah sebabnya kami sempat terpisah sebelumnya. Sekitar pukul 12.00 WIB, kami memutuskan untuk pulang ke Depok. Karena esok harinya kami harus kuliah, sehingga tidak dapat berlama-lama pergi.

Walaupun petualangan pertama ini terbilang singkat, namun saya benar-benar merasa senang. Ada banyak foto dengan momen langka dan berhubungan dengan tema tugas yang berhasil saya dapatkan di hari itu dan rasa penasaran saya mengenai bagaimana rasanya berpetualang dengan teman akhirnya dapat terbayarkan.

Di lain waktu, saya akan pergi ke berbagai tempat lainnya untuk berpetualang dan memotret.  Dengan begitu saya akan dapat terus berlatih untuk dapat memotret dengan baik, walaupun saat ini foto yang saya hasilkan belum dapat dikatakan bagus. Dan, tentunya saya juga akan mendapat banyak pengalaman menarik dari petualangan-petualangan selanjutnya. Semoga saya akan dapat mewujudkannya.










No comments:

Post a Comment