Friday, October 18, 2013

Pengalaman-pengalaman Baru

Beberapa bulan terakhir ini, ada banyak hal yang terjadi. Saya mulai memasuki dunia yang baru, yaitu dunia perkuliahan, sehingga semua yang terjadi selama beberapa bulan terakhir ini merupakan kumpulan pengalaman baru. 

Saya akan menceritakan semua pengalaman baru saya melalui beberapa foto dan keterangan singkat. Kalau diceritakan tanpa foto, rasa-rasanya cerita saya tidak ada habisnya, karena memang terlalu banyak yang ingin saya tuliskan. 

Namun, pada intinya semua yang terjadi pada beberapa bulan terakhir ini, yaitu sejak bulan Agustus hingga Oktober, merupakan hal-hal menyenangkan yang akan selalu saya ingat. 



Ini merupakan foto saya dan dua teman saya, yaitu Dea dan Gracia. Saya dan Dea memakai jaket almamater kami. Hari itu Gracia lupa membawa jaket almamater miliknya, jadilah ia terpaksa ikut berfoto walau tanpa mengenakan jaket almamater. Gracia merupakan teman baru saya, sedangkan Dea sudah saya kenal sejak SMA, bahkan kami pernah sekelas selama dua tahun. Gracia merupakan teman satu fakultas Dea. Kami selalu bertiga ketika mengikuti rangkaian kegiatan mahasiswa baru. Foto ini diambil saat kami selesai menyanyi di paduan suara mahasiswa baru untuk para senior yang diwisuda. Menyanyi untuk para wisudawan merupakan pengalaman yang sangat mengagumkan dan membuat saya ingin segera lulus kuliah.


Foto ini diambil setelah acara wisuda ayah saya. Hari itu ayah saya resmi bergelar doktor sedangkan saya resmi menjadi mahasiswa baru. Menurut saya ini merupakan hal yang lucu, karena ayah saya sudah mencapai titik tertinggi di jenjang pendidikan tinggi, sedangkan saya baru mencapai titik terendah di jenjang pendidikan tinggi. Dua hal yang kontras, namun masing-masing titik memberi perasaan bahagia yang terbilang sama.


Kalau melihat foto ini, saya benar-benar merasa malu sekaligus juga merasa senang. Kenapa? Karena ada cerita lucu dibalik foto ini. Jadi, saya dan teman saya yang bernama Sania ini, sudah berteman sejak kami SMP, karena kami memang berada di sekolah yang sama. Walaupun saat SMA kami tidak satu sekolah, namun kami tetap sering bertemu dan bermain bersama. Akhirnya, saat kuliah kami berada di universitas yang sama. Menurut Sania, untuk merayakan berhasilnya kami menembus universitas tersebut, kami sebaiknya mengabadikannya dengan berfoto di foto box, apalagi rasa-rasanya saat SMP kami tidak pernah menyangka akan sama-sama bisa menembus universitas tempat kami berkuliah sekarang, Walaupun terkesan "norak" melalukan perayaan seperti ini, tapi saya setuju dengan pendapat Sania dan merasa senang sekaligus terharu.


Foto ini merupakan foto saya dan teman-teman saya di jurusan sosiologi UI angkatan 2013. Angkatan kami terdiri atas 69 orang mahasiswa. Sebenarnya, pada awalnya ada 70 orang lebih mahasiswa, namun ada beberapa teman yang diterima di universitas lain, akhirnya jumlah kami pun berkurang. Angkatan kami bernama SOUL, yang merupakan singkatan dari Sociology is Our Life.


Ini merupakan foto saya, Dea, dan Veny. Foto ini diambil secara spontan, sehingga ekspresi orang-orangnya pun terbilang aneh. Hehehehe. Hari itu saya dan Dea bertemu dengan Veny di perpustakaan universitas kami. Veny merupakan teman SMA kami yang sedang persiapan untuk kuliah di Jerman. Rasanya senang bisa berkumpul dengan mereka kembali, karena rasanya sangat kangen dan saat SMA kami memang beteman dekat. Menurut Veny, ia akan berangkat ke Jerman pada bulan November. Semoga kami bertiga masih sempat untuk bertemu lagi, karena sedih rasanya akan segera berpisah dengan Veny.



Dua foto di atas merupakan foto saya dan Sania saat makan di Kancil dan Stasiun Gondangdia. Semester ini. kami mempunyai sebuah proyek yang unik, yaitu kami akan pergi ke semua kantin fakultas yang ada di universitas kami, satu persatu setiap hari Jumat. Sebenarnya, makan di Stasiun Gondangdia bukan merupakan bagian dari proyek kami, tapi Sania tetap membuat kolase fotonya. Sebenarnya, tidak persis setiap hari Jumat kami pergi keliling kantin fakultas, tapi proyeknya memang dilaksanakan di hari Jumat. Setiap hari Jumat hanya rencana awalnya rupanya. Hahaha. 


Hari Minggu beberapa minggu yang lalu, saya dan Sania pergi ke Monas. Di sana kami mengerjakan tugas fotografi kami, yaitu membuat foto dengan tema jurusan kuliah kami. Karena saya kuliah di jurusan sosiologi, jadi yang saya potret adalah sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat. Sedangkan, Sania yang dari jurusan perpustakan harus memotret sesuatu yang berhubungan dengan buku dan perpustakaan. Walaupun Sania belum berhasil memotret sesuai tema ketika di Monas, tapi ia tetap senang berhasil memotret hal lainnya. Saya sangat senang pergi ke Monas hari itu. Karena di hari itu saya pertama kalinya berpetualang naik kereta hanya dengan teman, tanpa orang tua. Semoga selanjutnya kami bisa terus berpetualang dan memotret.


Sumber foto: Sania, Dea, dan akun twitter @SosioUI13.

No comments:

Post a Comment